"Buku harus dijadikan kapak untuk memecah lautan beku dalam diri kita" #Franz Kafka

Aisyah, Luhut Panjaitan dan Kecemasan Donald Thrump; Sebuah Catatan Realitas


Ilustrasi 

Aisyah Perempuan Cerdas
Belakangan ini peristiwa dan kecemasan seolah berjalan beriringan. Ada yang menganggap bahwa bencana ini akan segera berlalu di Indonesia lantaran keyakinan agama yang dipeluk dengan erat membawa Manusia Indonesia pada prinsip yang seolah olah mereka tidak merasakan terjadi “bencana” yang menghebohkan dunia saat ini. Masih banyak kehebohan yang lucu dan menggemaskan yang menghiasi Indonesia saat ini.  Katakanlan lagu Aisyah, lagu popular sejak 2019 diciptakan oleh penyanyi Malaysia bernama Projector Band yang dicover ulang oleh grup Nisa Sabyan dan kemudian dicover secara bergantian oleh para netizen dan para lelaki kekar dengan gaya bersyahdu-syahdu, dan tak lupa cover viral seorang Bapak yang menyetir dan dinyanyikan oleh empat (4) perempuan cantik-cantik dan masih muda, entah Istri dan tiga (3) anaknya yang di belakang ataukah  semua berstatus istri. Yang tampak menjadi pro kontra di mulut manis netizen melihat video sang Bapak yang merasa kegantengan divideo tersebut. Lagu Aisyah jadi Viral bahkan bertengger di puncak trending Youtube mengalahkan topic Covid 19, itulah Netisen Indonesia.

Lagu Aisyah ini menarik dibahas, lantaran kesannya menampilkan sosok Aisyah yang menurut hemat penulis jauh dari Aisyah itu sendiri, bahkan Ibunda Aisyah dikenal haus akan ilmu pengetahuan dan ketekunan dalam belajar ya teladan dalam ilmu pengetahuan, makanya Aisyah mewarisi sifat ke Ulumuddinan dari sang Ibunda. Kita ketahui  dalam membaca soalan Rasulullah, Aisyah digambarkan menguasai banyak ilmu seperti Hadist, Fiqih, Bahasa Arab dan Ilmu Syair. Bahkan Aisyah menjadi tempat bertanya persoalan Hukum Agama oleh para sahabat dan kaum wanita dikarenakan Aisyah pun juga adalah yang terdekat juga dengan Rasulullah. Tapi setelah mendengan syair Lagu Aisyah yang sedang trending ini menjadi geli sendiri lantaran lirik yang terlalu sederhana menggambarkan Aisyah hanya seputaran merahnya pipi, bermanja mengikat rambut, romantis dan lain lain, mungkin karena sesuai dengan pendengaran pasar ditambah lirik nada dan aransemen sehingga mencari puncak trending Youtube. silahkan dengar sendiri. Hehehe. Bahkan banyak juga menggubah lagu itu menjadi istri Rasulullah yang lain, seperti Sitti Khadijah. Semoga pro kontra ini membawa berkah dan kecintaan terhadap Nabi dan Keluarganya. Amin.

Perang Luhut Panjaitan
Karakter netizen Indonesia memang agak susah diterka, ditengah tragedi Covid19 yang menghantam dunia, bagaimana semua Negara menyatakan perang melawan tragedy ini dengan tiap saat diberitakan di media internasional. Namun beda dengan alam politik yang ada di Indonesia, politik lebih tinggi posisinya dibanding apapun yang terjadi di bawah langit. Hahahaha… bersamaan dengan lagu Aisyah yang trending, ada Pak Luhut Panjaitan seorang menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju periode 2016-2024. Beliau ini juga menjadi bulan-bulanan netizen sampai digelari sebagai the real “presiden” oleh lawan politiknya. Tak tanggung-tanggung beliau mendapat serangan publik lantaran melalui stafnya meminta kepada Muhammad Said Didu, seorang oposisi mantan Pegawai Negeri Sipil yang dulu membela Prabowo saat Pilpres 2019 yang sangat  kritis di twitter untuk melaporkan segala sesuatu kebijakan Negara sesuai dengan porsi pengalamannya yang pernah bekerja menjadi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), pernah menjabat sebagai Petinggi BUMN dan pernah juga terpilih menjadi Anggota MPR saat tahun 1997. Dan tak pula lupa kepemimpinan Pak Jokowi periode Pertama Pak Said Didu satu ring dengan Pemerintah dan diberi jabatan sebagai Staf Khusus Menteri ESDM tahun 2014-2016.

Walhasil, lewat Video wawancara Said Didu di Kanal Youtube dianggap memfitnah Pak Menteri Menko Maritim dan dianggap menyerang Pribadi dengan ucapan “Luhut hanya pikirkan uang, uang dan uang” saya tidak melihat beliau memikirkan  membangun bangsa dan Negara, memang karakternya demikian, hanya uang dan uang”. (Video Wawancara Youtube). “Perkelahian” ini pun menjadi bulan bulanan netizen sehingga trending topik dengan tagar #WeAllStandWithSaidDidu lantaran diancam oleh Pal Menko Maritim untuk segera minta maaf selang 48 jam jika tidak maka akan menempuh jalur hokum sesuai dengan perundang undangan yang berlaku seperti pasal tentang Hate Speech terkait ITE jika dianggap menyebarkan ujaran kebencian seperti memprovokasi, menghasut serta kabar bohong melalui sosial media. Pak Said Didu memang tergolong pro kontra lantaran kasus “perangnya” dengan Pak Menko Luhut saat ini, juga pada saat tahun 2016 silam, Almarhum Gusdur pernah mengadukan Pak Said Didu ke Komisi Pemberantasan Korupsi saat berposisi sebagai Sekretaris Menneg BUMN. Persoalan persoalan kebangsaan yang mengalahkan populernya Covid19. Hehe

Kecemasan Donald Thrump
Dilain benua, ada kecemasan luar biasa dari seorang kepala Negara seperti Donald Trump dengan kasus tertinggi Covid19 bahkan tiga kali lipat dari Negara China. Ya Kecemasan Amerika yang mendunia, dengan catatan kematian 1500 an korban dalam sehari dan yang terinveksi bisa sampai 20 Ribu warga dalam sehari. Kebijakan Lockdown di Amerika membuat Donald berkomentar bahwa Lockdown berkepanjangan bisa menghancurkan Amerika, bahkan dalam pidatonya menganggap “Corona adalah Flu yang menelan ribuan orang tapi Negara ditutup, padahal kecelakaan transportasi lebih tinggi daripada Corona sementara Perusahaan Mobil tidak ditutup”. Ya sontak penulis tertawa lewat pendapat Donald yang terkenal gokil ini. Dan tentu pernyataan seorang kepala Negara sudah diintai oleh para pengamat baik dalam maupun luar negeri, terlebih pada keputusan-keputusan strategis Donald Thrump. Ya selain Video yang selalu Viral, Bapak satu ini memang mudah dipantau di Twitter apakah ketakutan baik kecemasan terlebih saat Iran menyatakan Perang kepada Amerika dengan menghabisi posko posko militer Amerika tapi tak ada perlawanan sampai sekarang. Dan yang menjadi kecemasan berikutnya adalah persoalan ekonomi Amerika yang telah mengumumkan angka pengangguran mencapai 6,6 juta pengangguran berdasarkan rilisan data Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat. Ini merupakan pertanda kejatuhan ekonomi Amerika sejak diserang wabah Covid19 walau sebenarnya Donald Thrump menjanjikan kemenangan terhadap Covid19 pasca perayaan Paskah nanti di Amerika April bulan ini. Dengan nada perintah pada status twitter meminta kepada para perusahaan mobil seperti Ford Motor, General Motors dan Tesla untuk segera memproduksi ventilator (alat bantu pernapasan) dan alat alat kesehatan lainnya, walau sebenarnya peralatan medis seperti ventilator bukanlah bidang kerja dari perusahaan otomotif tersebut. Dalam kecemasan wabah ini, ada system yang masih bekerja dalam senyap, seperti kerjasama global, perang dagang sampai pada perang produksi alat kesehatan yang tetap berada pada level jual beli, penulis akan singgung pada pertemuan kita berikutnya pada layar kita masing-masing. hehe

Share:

4 comments:

  1. Bismillah,
    baik sebelum saya berkomentar saya akan sedikit tertawa, haha benar ini lucu, indonesia lucu lucu miris ya🤣 sya beruntung bisa membaca tulisan ini, Tulisan yang sngat keren 🙏🏻

    Indonesia memang negara yang menomor satukan tuhan ya tertera dalam pancasila, masyarakat indonesia begitu percaya akan mukjizat Tuhan, sya salah satunya, Sehingga segala sesuatu yang terjadi kita kemblikan kepencipta, dan brharap semuanya akan berlalu.
    aamiin 🙏🏻
    Nah, Namun indonesia negaraku mmng lucu lucu miris bgtu menggemaskan menjijikan😂 ditengah pandemi covid-19, bukannya benar-benar fokus menyatakan peran melawan virus corona eh malah fokus pada hal-hal yang tak penting misalkan seperti kasus luhut panjaitan dan lagu aisyah ini😂

    Kepentingan memang tak dapat dipungkiri, Namun bisakah kalian kalian ini tdk menomor satukan kepentingan politik kalian? bisakan kalian fokus dlu menyelesaikan bencana ini?
    hahha sbnrnya bisasi tapi mngkin mustahil😂
    ah sialnya mereka selalu saja mengambil keuntungan dalam hal apapun itu, ditengah tragedi saat ini contohnya..

    ReplyDelete
  2. Warga +62 memang lucu dan sulit ditebak. Dimana di tengah pandemi covid-19 yang kini melanda hampir seluruh belahan dunia, warga +62 masih terlihat begitu santuy. Mengenai beberapa hal yang belakangan ini hangat di perbincangkan. Seperti yang di tuliskan oleh penulis, lagu Aisyah yang hampir setiap saat di dengarkan oleh banyak orang bahkan anak kecilpun selalu menyanyikannya. Mungkin saja, hal ini merupakan sebuah hiburan tersendiri bagi warga +62. Hanya saja seperti yang di bahasakan oleh penulis dimana lirik dari lagu tersebut terjesan sangat-sangat sederhana dan tidak terlalu mencerminkan Aisyah yang sesungguhnya. Dan juga beberapa kasus virsal atau yang sedang hangat diperbincangkan lainnya. Masyarakat cenderung ikut-ikutan mengenai hal yang sedang ramai di perbincangkan meski mereka tidak paham betul apa yg sebenarnya terjadi. Yang ingin saya sampaikan hanyalah, ditengah pandemi ini jangan mementingkan diri sendiri, jangan ada kepentingan politik yang hanya akan merugikan rakyat agar tidak ada kehebohan-kehebohan lainnya.

    ReplyDelete
  3. Kesan pertama yang sya dapat dri tulisan ini adalah kata Aisyah karna sama dengan namaku Aisyah hehehe. Tapi ketika membaca sampai akhir ternyta membahas 3 tema yang begitu berbobot.

    Berbicara kelakuan para warga +62 tentu tak akan ada habisnya karna terlalu berimajinasi dan kritis mengenai berbagai hal terkhusus sesuatu yang tdk mesti tpi karna ada campur tagn netizen +62 hal it menjadi viral dengan hitungan detik. Hahahhaha tpi tak mesti seluruhnya salah netizen karna nilah kebebasan berbicra apalgi d sosmed. Ambil yg baik dan buruk dijadkan pembelajrn.

    Dan khusus dalam pandemi ni mari kita slalu berdoa memohon agar wabah ni dihilangkan segera mungkin oleh Allah swt. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Mengenai tulisan diatas, tentang aisyah, luhut Panjaitan & kecemasan donal thrump, dapat saya simpulkan bahwasanya warga Indonesia yg cenderung ikut-ikutan untuk memviralkan sesuatu tanpa mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi. Berikutnya, Mengenai kecemasan donal thrump, presiden yang sangat kontroversial ini, menurut saya sangat dapat dimengerti, karena amerika serikat merupakan salah satu acuan nilai tukar mata uang dunia kini mengalami krisis dan juga dengan catatan kematian akibat pandemi Covid-19 yang begitu signifikan membludak tentu membuat presiden Amerika serikat ini cemas.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Diri Umar Bakri. Pengoleksi Buku lapuk. Peminum Kopi Kapal Api. Berusaha melancongi imajiner tiap waktu.

Pengunjung Blog

Followers

"Buku harus dijadikan kapak untuk memecah lautan beku dalam diri kita" #Franz Kafka